Siapkan 7 Hal Ini Agar tak Ditilang dalam Operasi Zebra

Posted on

ADAYANGBARU.com – Polisi Lalu Lintas (Polantas) di seluruh Indonesia mulai tanggal 16 hingga 29 November 2016, akan menyelenggarakan Operasi Zebra. Operasi dengan kode ‘Zebra’ ini merupakan operasi yang resmi dan rutin digelar setiap tahun sekali. Operasi Zebra diselenggarakan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas, pelanggaran berlalu lintas, serta menyambut Operasi Lilin jelang Natal dan Tahun Baru.

Pengguna jalan yang melanggar aturan akan dijatuhi sanksi berdasarkan Undang Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Rincian sanksinya pun beragam. Mulai dari denda ratusan ribu rupiah hingga kurungan pidana.

operasi-zebra-1-145-pengendara-kena-tilang-di-bekasi-pdl7ygdddp

Sanksi paling ringan dijatuhkan jika pengguna jalan melakukan pelanggaran dengan mengendarai sepeda motor tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari. Jika melanggar hal tersebut, pelanggar akan terancam pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100 ribu. Sementara itu, sanksi paling berat dijatuhkan pada pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Pelanggar tersebut terancam pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

Untuk menghindari resiko ditilang saat operasi zebra, berikut tujuh hal yang harus dipersiapkan:

1. SIM dan STNK
SIM dan STNK merupakan kelengkapan utama yang akan diperiksa oleh Polisi yang bertugas. Karenanya jangan sekali-kali nekat tetap berkendara jika memang SIM dan STNK telah melewati masa berlakunya.

2. Perhatikan Kelengkapan Keamanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *