Penyebab Mengejutkan Tidur Tidak Pernah Nyenyak

Posted on

Tidur setelah beraktifitas rasanya menajdi penyembuh paling manjur untuk menghilangkan rasa lelah. Namun tidak semua orang bisa semudah itu mengistirahatkan otak dengan tidur di malam hari. Padahal, seperti diketahui, ada banyak penyakit yang bisa menghampiri mereka yang kurang tidur.

Hasil studi pada 2013 menunjukan, penyakit yang ditimbul akibat tidak tidur nyenyak selama seminggu sampai tiga bulan diantaranya kecemasan, depresi, rheumatoid arthritis, sakit kepala, serangan jantung bahkan bisa memicu kerapuhan tulang (osteoporosis).

Banyak penyebab yang bisa membuat kamu tidak bisa tidur nyenyak, sebaiknya empat hal ini kamu dihindari agar kesehatan tetap fit.

Banyak kafein
Sudah banyak yang tahu bahwa kafein bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Kafein dapat bekerja pada tubuh 3-5 jam, di mana tubuh membutuhkan waktu berjam-jam sebelum bisa pergi tidur. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, jangan minum kafein 6 jam sebelum kamu pergi tidur.

Stres
Kalau kamu stres sudah dipastikan otak akan merangsang untuk membuat mata sulit terpejam. Selain itu, bukan hanya sulit tidur, kamu akan mengalami insomnia. Perbaiki pola tidur yakni dengan tetap beristirahat selama 8 jam sehari dan hindari hal-hal yang membuat kamu stress.

Alkohol
Banyak yang percaya bahwa kandungan alkohol bisa membuat orang cepat mengantuk. Ternyata hal ini salah, karena faktanya justru alkohol membuat tubuh kamu memiliki kualitas tidur yang buruk. Alkohol yang masuk ke tubuh malah membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan akan terbangun sepanjang malam.

Telat makan
Sebaiknya, sebelum tidur kamu sudah dalam keadaan kenyang dan tidak terlambat makan. Bukan berarti sehabis makan kamu harus langsung tidur. Biarkan pencernaan bekerja dengan baik terlebih dahulu untuk mengolah makanan, baru kemudian kamu bisa tidur dengan tenang dan nyenyak.

sumber: dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *