Tiga Cara Ini Buat Anda Bisnis Tanpa Modal

Posted on

Kadang orang yang ingin memulai berbisnis pikiran pertama dan utamnya yaitu modal, Salah satu kendala utama setiap orang yang ingin memulai bisnis adalah sebab tidak adanya modal. Banyak orang memiliki niat atau ide bisnis yang sangat potensial, sayangnya sebab tidak memiliki uang, niat atau ide tersebut hanya berhenti di pikiran.

Namun, jika orang mau sedikit membuka pikiran, modal sebenarnya bukan kendala utama untuk berbisnis. Modal utama yang harus di miliki adalah kombinasi antar etos kerja, keterampilan serta taktik pemasaran yang bagus. Dengan itu, modal minim pun bisa menjadi bisnis yang besar. Berikut cara berbisnis tanpa modal yang bisa dilakukan.

1. Menjual Kembali (Reseller)

Jika kendala utama adalah ketersedian produk atau kemampuan menghadirkan produk, maka cara yang paling tepat untuk tetap berbisnis adalah dengan menjual barang yang sudah ada. Tidak sedikit perusahaan yang sukses tanpa memiliki barang tapi menjual barang milik orang lain. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membuka garage sale atau membuka toko jual beli lewat media online.

2. Bisnis Jasa

Jika anda memiliki satu kemampuan yang dapat bermanfaat bagi orang lain, maka tawarkanlah jasa anda. Sudah jelas, binis ini tanpa membutuhkan barang untuk dijual, cukup anda tawarkan apa yang anda kuasai kepada orang lain. Untuk mengetahui kemampuan anda, coba ingat-ingat kembali apa passion anda, disitulah anda bisa jadikan bisnis.

Anda tidak perlu khawatir jika memang tidak memilki keterampilan khusus. Ada beberapa jasa yang banyak dicari orang dan tidak perlu membutuhkan keterampilan waktu, seperti menjadi pengasuh anak atau asisten pribadi. Walaupun terkesan mudah, anda tetap harus membangun hubungan baik dengan client, salah satunya adalah tetap menampilkan citra yang baik.

3. Menciptakan Hal Baru

Walaupun terkesan membutuhkan budget yang besar, namun dengan membuat barang hasil sendiri anda bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi dai budget pembuatan anda.

Banyak hal bisa anda ciptakan, sementara untuk pemasaran anda bisa menawarkan barang anda di beberapa website online seperti Abe’s Market, Etsy, Ebay atau Bonanza.

Banyak produsen memang menjual barag di beberapa platform market yang berbeda untuk menarik konsumen lebih banyak. Satu hal yang perlu anda ingat ketika meletakkan barang di toko online yaitu selalu memperbaharui produk anda agar menarik banyak perhatian konsumen.

sumber: wartapost.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *