Ilmuwan Sudah Temukan Obat HIV/AIDS?

Posted on

HIV dan AIDS merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. akan tetapi para ilmuwan di Inggris mengatakan ada ‘kemungkinan nyata’ bahwa mereka telah menemukan obat untuk HIV. Klaim ilmuwan dari lima universitas berbeda di Inggris itu dibuat setelah mereka tidak menemukan virus HIV dalam darah seorang pasien yang menjalani percobaan medis.

Menurut The Telegraph, dalam penemuan baru ini para ilmuwan melakukan penelitian terhadap 50 pasien.

Penelitian ini unik karena pengobatan menargetkan virus HIV dalam keadaan tidak aktif. Sementara pengobatan selama ini, yang disebut terapi anti-retroviral, menargetkan sel yang terinfeksi HIV aktif.

” Para ilmuwan mengatakan kepada The Sunday Times bahwa saat virus ini benar-benar tidak terdeteksi dalam darah pasien, meskipun hal itu bisa jadi karena reaksi dari obat biasa. Namun, jika sel-sel aktif juga dibersihkan maka bisa dibilang ini adalah penyembuhan lengkap pertama,” demikian laporan The Telegraph.Optimisme Mark Samuels, Direktur National Institute for Health Research Office for Clinical Research Infrastructure, mengungkapkan optimisme yang hati-hati atas hasil tersebut.

” Kami sedang menjajaki kemungkinan nyata menyembuhkan HIV. Ini merupakan tantangan besar dan itu masih sangat awal, tapi merupakan kemajuan yang luar biasa.” Selama ini, hanya satu orang di dunia yang pernah sembuh dari HIV. Pada tahun 2008, Timothy Brown menerima transplantasi sel induk dari seseorang yang memiliki kekebalan alami terhadap HIV sehingga virus itu lenyap dari tubuhnya.

Saat ini, terdapat 37 juta orang di seluruh dunia mengidap HIV positif.

sumber: Dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *