Mana yang Lebih Baik, Makan Secara Cepat atau Lambat?

Posted on

Mengkonsumsi makanan menjadi kebutuhan pokok setiap manusia, akan tetapi tidak hanya makan tetapi perlu diperhatikan gizi dan kualitas makanan tersebut dan tentu juga perlu diperhatikan tata cara makan yang benar agar makanan yang kita makan benar-benar terserap oleh tubuh dengan baik.

Cara makan terlalu cepat seperti yang kebanyakan dilakukan oleh orang urban masa kini ternyata tidaklah baik untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, makan secara cepat bisa menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux. Penyakit ini bermula dari naiknya asam lambung akibat proses mencerna yang tidak sempurna. Dalam beberapa kasus yang serius, penyakit ini juga bisa mengakibatkan penyempitan kerongkongan yang membuatmu kesulitan untuk menelan sesuatu.

“Selain gastroesophageal reflux, makan secara cepat mampu membuatmu mengalami kembung dan cegukan karena saat makan dengan cepat, kamu juga menelan banyak udara,” ungkap penelitian ini.

Karena makan dengan cepat dapat memberikan banyak masalah kesehatan, maka kamu disarankan untuk makan secara perlahan. Berikut adalah beberapa keuntungannya.

Mengurangi stres

Ketika kamu makan dengan perlahan, maka kamu hanya berkonsentrasi dengan makanan yang sedang kamu konsumsi. Dengan mengonsumsinya secara perlahan, kamu bisa menikmatinya secara menyeluruh yang pada gilirannya akan membuatmu merasa bahagia dan bebas dari stres.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Makan dengan perlahan berarti kamu menggiling atau mencerna makananmu dengan baik. Dan saat proses ini terjadi, daya pencernaanmu juga akan bertambah.

Menurunkan berat badan

Ketika kamu makan dengan cepat, kamu akan terus menambah porsi makananmu. Akibatnya kamu jadi tidak sadar bahwa kamu sudah makan banyak. Namun saat kamu makan dengan perlahan, kamu memiliki banyak kesempatan untuk memahamimakanan yang kamu konsumsi. Sehingga kamu hanya makan secukupnya dan berat badan bisa terjaga.

sumber: diulas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *